Penjelasan | |
Nama Barang | Fotograpi adalah sebuah keseimbangan |
Tipe | Fotograpi |
Penjelasan Singkat | Keseimbangan adalah salah satu prinsip paling dibahas komposisi yang baik, tapi mungkin aspek yang paling penting. Para fotografer, sadar atau tidak sadar, mereka membuat sebuah keputusan penting untuk setiap gambar yang diambil: harus memiliki komposisi seimbang atau tidak seimbang? |
Kode Barang | PH00 |
Untuk tingkat tertentu, setiap foto yang ada memiliki unsur baik keseimbangan dan ketidakseimbangan, Barangkali ini adalah topik penting bagi para fotografer yang ingin meningkatkan kekuatan gambar mereka pada tingkat yang paling mendasar.
1) Keseimbangan Kiri Kanan
Fulcrum-Edit |
Ketika sebuah foto yang sangat seimbang, itu berarti bahwa bagian kiri dan kanan foto menarik keseimbangan mata.
Gambar digital menempatkan foto pada titik tumpu - jika fitur setiap sisi sama, gambar dapat dianggap seimbang.
2) Balance vs Imbalance
Keseimbangan, atau kurang dari itu, pada dasarnya membuat gambar Agan tampak lebih atau kurang begitu bagus. Dengan gambar yang seimbang, frame lebih damai dan indah dari satu yang skews perhatian visual ke satu sisi atau yang lain. Ini logika yang masuk akal, terutama ketika agan melihat gambar di bawah ini:
Balanced Abstract-Edit |
Meskipun orang lain mungkin melihatnya secara berbeda, gambar di atas muncul jauh lebih tenang bagi ane. Gambar di bawah, sebaliknya, lebih tegang - entah bagaimana, tidak terlihat "stabil" dalam bentuk yang sekarang, seolah-olah sesuatu dalam bingkai akan berubah.
Orang yang berbeda dapat memilih satu gambar dari yang lainnya, tentu saja. Bagi banyak orang, gambar yang tegang dapat mengkomunikasikan cerita lebih efektif; untuk orang lain, gambar yang seimbang lebih tenang dan estetis. Itu semua tergantung pada suasana hati Agan bagaimana caranya untuk berkomunikasi.
3) Simetris
Jenis yang paling jelas dari keseimbangan adalah salah satu bagian dari gambar identik pada bagian kiri dan kanan. Kesempurnaan, pixel-tingkat simetri tidak mungkin dihasilkan komputer, tapi foto-hampir simetris lebih dari cukup bagi kita untuk melihat komposisi yang seimbang. Lihatlah gambar di bawah ini:
New Night |
Nikon D7000 + 24mm f/1.4 @ 24mm, ISO 400, 30/1, f/1.4
Tentu, pola di bintang yang berbeda di setiap sisi foto, tapi pemandangan ini adalah tentang sebagai simetris seperti itu bisa. Subjek berada di pusat foto ini, dan masing-masing pihak memiliki dasarnya berat visual sama seperti yang lain. Ane bahkan memilih format persegi untuk menekankan keseimbangan gambar ini.
Masalah utama dengan simetri adalah bahwa sebagian besar pemandangan tidak memiliki dua bagian identik. Dan, jika Agan bekerja di genre dengan subyek mudah-tersedia simetris (misalnya, fotografi arsitektur), gambar Anda akan menjadi tua jika Agan membuat mereka semua dengan cara yang sama.
4) Kesembangan Asimetris
Sebuah foto simetris tidak harus harus selalu seimbang. Kita Ambil gambar di bawah ini sebagai contoh sederhana - matahari adalah subjek penting di sisi kanan gambar, namun pola gelombang di sebelah kiri menarik mata sama banyak:
Indialantic Dawn |
D800e + 24mm f/1.4 @ 24mm, ISO 100, 1/5, f/16.0
Kebanyakan contoh adalah seperti foto tidak jelas ini, di mana masing-masing memiliki setengah dari foto. Misalnya, subjek utama bisa berada di salah satu sisi gambar, tapi beberapa subyek kecil pada sisi lain yang mengimbangi frame. Atau, bisa subjek yang lain cukup besar yang membentang di sepanjang gambar, uniknya ini secara efektif menyeimbangkan foto itu sendiri.
5) Apa yang dapat menarik perhatian?
Untuk mengetahui cara untuk menyeimbangkan sebuah foto, Agan mesti tahu apa yang dapat menarik perhatian mata orang yang melihat foto kita. ini dia daftar singkatnya:
- Area kontras
- Materi yang terfokus (terutama jika sebagian foto tidak melakukanya)
- Bright spots
- Saturated items
- Warm (red/yellow) colors
- Large items
- orang dan binatang (Untuk pengurangan luas)
- Mata dari subjek Agan
Arah yang subjek Anda lihat (bahkan jika itu adalah ruang kosong, itu akan mendapatkan keuntungan visual yang berat karena penonton ingin melihat ke arah yang sama dengan subyek)
Ini tidak berarti daftar menyeluruh, tapi itu adalah point-pont terbaik untuk memulai fotograpi Agan. Minimal dalam foto agan tonjolkan salah satu point untuk meningkatkan tingkat berat visual foto Agan. Jika Agan mencoba untuk menyeimbangkan foto Agan secara efektif, agan mesti mengatur point -point sehingga mereka membatalkan efek visual masing-masing.
Sekali lagi, seperti menempatkan foto pada sebuah titik tumpu, benda-benda yang dekat tepi foto Agan akan lebih berbobot daripada mereka lebih dekat ke pusat. Jadi, untuk menyeimbangkan dua benda serupa di frame, Agan akan tempatkan pada jarak yang sama dari pusat. Atau, jika hanya ada satu objek yang penting dalam komposisi Agan, komposisi yang paling seimbang meletakkannya di sepanjang garis tengah.
6) Menerapkan Keseimbangan Dalam Latihan
Untuk mengubah keseimbangan gambar, membutuhkan melihat sekilas kiri dan bagian kanan frame Agan. Secara mental perhatikan berapa banyak visual penting di setiap sisi, memeriksa item pada daftar di atas. Berhati-hati untuk berpikir tentang jarak setiap objek dari tengah frame - bahkan benda-benda yang biasanya tidak menarik perhatian akan muncul lebih jelas jika mereka dekat tepi foto agan.
Atur komposisi secukupnya, sehingga lebih seimbang dengan menggeser frame memiliki berat visual sama di kedua sisi, atau dengan tidak termasuk objek mengganggu dari komposisi sama sekali.
Ini perlu latihan, tentu saja, tapi banyak ilmu Tentang keseimbangan komposisi intuitif. Ini adalah mengapa pemula cenderung menempatkan subjek mereka di sangat tengah setiap frame, tidak peduli situasi. Kami cenderung untuk mengambil foto seimbang dengan alam kita, dan praktek yang tepat dapat menunjukkan kepada kita bagaimana untuk mencapai hal ini dalam pemandangan yang lebih kompleks.
Foto Agan tidak harus benar-benar seimbang untuk tampil Indah. Namun, ketika Agan Memotret foto, penting untuk menyadari bahwa frame yang sangat tidak seimbang akan menyebabkan ketegangan mata penikmat foto kita. Ini tidak buruk, tergantung pada tujuan agan, tetapi ketegangan adalah sesuatu yang dicoba oleh banyak fotografer untuk dihindari dalam gambar mereka.
7) Ketidakseimbangan
Dalam beberapa foto - pada kenyataannya, banyak foto - tingkat ketidakseimbangan diperlukan. Untuk pemandangan yang bergerak, mengharuskan Agan untuk melakukan shoot foto tidak sempurna dari satu sisi frame yang lain. Ambil bawah foto sebagai contoh:
Motion |
Nikon D5100 + 18-55mm f/3.5-5.6 @ 32mm, ISO 100, 6/1, f/22.0
Dalam frame ini, foto diatas tidak merata antara kedua bagian dari komposisi. Sisi kiri lebih cerah dan lebih kontras, ditambah mengandung subjek utama dari gambar. Yang artinya, frame ini tidak begitu tidak adil tapi ini tidak mengganggu di mata. Ketidakseimbangan sangat tepat untuk foto tertentu.
8) Keseimbangan Frame Vertikal
Di atas permukaan, itu mungkin tidak tampak sangat sulit untuk menyeimbangkan foto vertikal - menggunakan teknik yang sama persis yang Anda lakukan untuk gambar horizontal, dan foto akan seimbang.
Namun, komposisi vertikal memberikan sedikit peluang antara pusat gambar dan tepi frame. Seperti dibahas di atas, benda lebih banyak mengganggu jika mereka dekat batas terluar foto. Namun, dalam gambar vertikal, benda-benda yang nyaris mendekati pusat dan mendekati tepi frame. Ini tidak membuat keseimbangan mungkin, tentu saja - gambar vertikal sering bekerja sama dengan baik sebagai horizontals - tapi frame vertikal memang membutuhkan perlakuan lebih dalam menyeimbangkan.
D7000 + 24mm f/1.4 @ 24mm, ISO 100, 1/125, f/2.8
Tapi waktu yang lain, komposisi foto vertikal cukup terdiri dari objek utama dekat pusat gambar. Pada gambar di bawah, tiga benda utama (jendela, tanda kamar kerja, dan surfer) membentuk segitiga berpusat di sekitar tengah foto. Mungkin gambar miring lebih ke arah sisi kiri, tapi surfer tampak bergerak ke arah kanan, memberikan kedua belah pihak memiliki bobot yang sama.
Land and Sea |
Nikon D7000 + 24mm f/1.4 @ 24mm, ISO 100, 1/160, f/5.6
9) Panorama
Di sisi lain, sangatlah mudah untuk menyeimbangkan frame jika Agan memotret panorama. Pergeseran kecil di posisi kiri-kanan obyek, misalnya, hampir tidak berpengaruh karena mereka akan berada di gambar vertikal. Plus, lebih mudah untuk menghindari tepi bingkai panorama, memberikan Agan lebih banyak ruang untuk menggeser sekitar komposisi Agan.
Gambar di bawah menunjukkan betapa sederhananya untuk menyeimbangkan dua objek di panorama - burung memiliki bobot visual mirip dengan pola gelombang, dan keduanya ditempatkan kira-kira jarak yang sama dari pusat.
Sand Piper |
D800e + 105mm f/2.8 @ 105mm, ISO 100, 1/800, f/2.8
10) Subjek Kecil
Terkadang, keseimbangan gambar tergantung pada ukuran gambar yang ditampilkan, karena detil penting (yang yang dapat menggeser keseimbangan komposisi) tidak terlihat pada ukuran yang lebih kecil. Hal ini mungkin tampak seperti sebuah konsep yang tidak biasa, tapi itu masuk akal dalam praktek.
Ambillah gambar di bawah ini sebagai contoh. Ketika ditampilkan pada ukuran kecil, mungkin di ponsel, itu agak sulit untuk melihat petir di sisi kiri gambar. Tanpa pencahayaan petir, awan dalam gambar akan memiliki bobot gambar ke sisi kanan. Seperti itu, meskipun, muncul gambar cukup seimbang - tapi hanya jika ditampilkan dalam ukuran besar.
Lightning Bridge |
Nikon D7000 + 50mm f/1.4 @ 50mm, ISO 100, 16/10, f/16.0
Contoh lain dari efek ini pada foto di bawah. Saya ingin membuat gambar lanskap tenang dengan komposisi yang seimbang, tapi saya menemukan adegan ini menjadi sulit untuk menyeimbangkan dengan benar. Sekali lagi, pada ukuran kecil, gambar tampaknya berbobot sedikit lebih ke arah sisi kanan, meskipun efek ini lebih halus daripada di foto di atas. Tapi, ketika ditampilkan lebih besar, menjadi jelas bahwa langit di atas air terjun penuh dengan bintang, menarik perhatian pemirsa lebih ke sisi kiri.
Stars Fall |
Nikon D800e + 24mm f/1.4 @ 24mm, ISO 800, 30/1, f/5.6
Perbedaan ini cenderung tidak sejelas dalam contoh ini, tetapi Anda harus selalu menyadari efek yang menampilkan ukuran memiliki pada keseimbangan gambar Anda.
11) Post-Processing
Mungkin cara terbaik untuk mengoreksi (atau menonjolkan) ketidakseimbangan foto adalah dengan menggunakan pengaturan lokal dalam program kamera seperti Lightroom. Ini bisa sesederhana seperti kegelapan atau sorot yang terlalu terang, atau mungkin mengurangi kejelasan obyek yang menonjol terlalu banyak. Hal ini juga dapat menghapus obyek, menggunakan tool healing brush. Bahkan cropping jatuh di bawah kategori ini, karena Anda bergelut di sekitar frame dalam upaya untuk mengubah keseimbangan komposisi ini. Metode yang Anda gunakan tergantung pada keterampilan pengolahan setelah memotret Anda, serta jenis fotografer Anda - misalnya, fotografer reportase tidak mungkin untuk mengkloning keluar benda karena masalah etika.
12) kesimpulan
Jika Agan teliti dengan komposisi Agan, agan akan dapat mengontrol tingkat keseimbangan dalam kebanyakan pemandangan. Dan, jika agan menemukan pemandangan yang tidak dapat skor seimbang efektif, biasanya agan dapat menggunakan post-processing untuk memilih aspek-aspek tertentu dari frame atas yang lainnya.
Akhirnya, apakah agan memilih untuk menyeimbangkan Frame atau tidak, ini harus diketahui secara sengaja oleh Agan. Tanyakan pada diri agan tentang jenis gambar yang agan inginkan, kemudian pertimbangkan bagaimana keseimbangan (atau ketidakseimbangan) dapat membantu agan mencapai tujuan agan. Jika foto agan halus - terutama ketika menggunakan ketidakseimbangan - Anda agan akan dapat membuat komposisi lebih kuat dan lebih mudah dinikmati, yang bermuara pada peningkatan kualitas gambar.
Blue Triangle |
0 komentar:
Post a Comment
Untuk Berkomentar di Blog ini, silahkan berkomentar dengan rapi, pertanyaan baru sekaligus tertib, supaya enak dibaca oleh kita semua.. karena dengan pertanyaan baru akan dapat menambah pengetahuan kita akan hal-hal yang belum kita ketahui..
do not Spamming